√ Jenis Motif Krawangan Masjid Modern dan Kisaran Harganya

Tidak hanya menjadi tempat beribadah bagi umat Islam, tidak sedikit masjid yang dijadikan sebagai destinasi wisata karena keindahan desainnya. Krawangan masjid modern menjadi pilihan terbaik untuk memberikan sentuhan aesthetic pada masjid. 

Ada banyak model krawangan yang biasa diaplikasikan pada bangunan masjid mulai dari pola kaligrafi, bulat, hingga abstrak yang menarik. Untuk mengetahui jenis motif krawangan masjid dan kisaran harganya, berikut ulasan selengkapnya. 

dinding roster yang bisa ditemukan pada sebagian besar masjid yang ada di Nusantara. Krawangan atau layar kompleks merupakan kumpulan dari ventilasi udara sekaligus tempat cahaya matahari masuk ke dalam ruangan masjid. 


Di daerah tropis seperti Indonesia, krawangan masjid bermanfaat untuk membuat suasana di dalam ruangan bangunan masjid menjadi lebih sejuk. Tidak hanya untuk bangunan masjid saja, krawangan juga bisa diaplikasikan pada bangunan tempat tinggal maupun bangunan public. 


Jenis Motif Krawangan Masjid

Motif krawangan masjid modern memang banyak dipilih untuk diaplikasikan pada bangunan masjid karena bisa menambah nilai estetika. Berikut ini beberapa jenis motif krawangan masjid yang bisa dijadikan pilihan. 

1. Motif Kaligrafi

material GRC board atau Glassfiber yang diperkuat dengan semen agar lebih kokoh dan kuat. 

Krawangan bangunan ini bisa dibuat sendiri menggunakan cetakan. Namun, apabila Anda tidak punya banyak waktu untuk membuatnya, Anda bisa membeli krawangan dengan berbagai motif pada distributor atau toko bangunan terdekat. 

Krawangan GRC atau beton ringan ini terbuat dari campuran semen dan pasir. Dibandingkan dengan beton biasa, GRC sudah dilengkapi dengan bahan penguat serat sehingga bobotnya menjadi lebih ringan. 

Sebuah RCMP ukuran 8 mm biasanya hanya memiliki bobot sekitar 18 kilogram saja untuk setiap meter perseginya. GRC juga bisa dibentuk sesuai keinginan sehingga banyak pilihan motif dekoratif yang disediakan. Nah, berikut ini langkah-langkah membuat krawangan GRC. 


  • Siapkan cetakan krawangan terlebih dahulu sesuai keinginan. Cetakan krawangan bisa menggunakan kayu atau gypsum yang sudah dibentuk atau diukir. 
  • Selanjutnya, siapkan bahan baku bubuk molding GRC berupa campuran serat, pasir, dan semen. 
  • Campurkan semen dan pasir, kemudian buat lapisan bergantian dengan serat sesuai ketebalan yang diinginkan dengan cara disemprotkan. 
  • Keringkan dan tunggu hingga setiap lapisannya menguat satu sama lain dan membentuk unit yang solid. 


Cara Memasang Krawangan Masjid Modern

Cara memasang krawangan masjid bisa dilakukan dengan mudah, namun tentunya harus dilakukan secara hati-hati karena ukurannya yang terbilang tipis. Untuk memudahkan pemasangan, Anda bisa meminta bantuan tukang bangunan agar pemasangan bisa dilakukan dengan tepat. 

Harga Krawangan Masjid Modern




Harga yang dibanderol untuk krawangan masjid modern cukup variatif tergantung ukuran dan kualitas yang ditawarkan. Harga krawangan biasanya berada pada kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah saja untuk setiap meter perseginya. 

Dengan banyaknya pilihan jenis motif krawangan masjid modern, maka akan memudahkan Anda dalam memilih dan menyesuaikan keinginan. Harga yang dibanderol untuk krawangan masjid juga relatif terjangkau sehingga banyak dipilih untuk memberikan kesan aesthetic pada bangunan. 

Post a Comment for "√ Jenis Motif Krawangan Masjid Modern dan Kisaran Harganya"