Cabang Teknik Sipil Yang Berhubungan Dengan Transportasi

Teknik Sipil mempunyai beberapa cabang teknik sipil yang berhubungan dengan transportasi antara lain Teknik Transportasi, Teknik Lalu Lintas, Teknik Jalan Raya, Teknik Bandara, Teknik Jalan Kereta Api, Teknik Bandar dan Pelabuhan. Masing-masing cabang tersebut mempunyai fungsinya masing-masing.


Teknik Transportasi


Teknik transportasi bertugas untuk memastikan perjalanan manusia dan barang secara aman dan praktis. Ini adalah cabang dari teknik sipil.


Aspek perencanaan dari teknik transportasi berhubungan dengan rencana pembangunan kota, dan melibatkan peramalan keputusan dan faktor politik. Teknis peramalan dari perjalanan penumpang biasanya melibatkan apa yang disebut empat langkah perencanaan model transportasi, memerlukan perhitungan dari perkembangan generasi transportasi (seberapa banyak perjalanan untuk tujuan apa), penyaluran perjalanan (pemilihan tujuan, kemana orang yang melakukan perjalanan pergi), jenis pilihan (apa jenis yang diambil), dan arah rute (jalan-jalan atau rute yang digunakan). Orang yang lebih berpengalaman dalam peramalan bisa memasukkan aspek lain dari pemilihan orang yang melakukan perjalanan, meliputi kepemilikan otomatis, rangkaian perjalanan (keputusan untuk menghubungkan perjalanan pribadi menjadi bersama-sama dalam sebuah tur) dan pemilihan dari lahan pemukiman atau lokasi bisnis (pengetahuan perencanaan penggunaan lahan).


Aspek desain dari teknik transportasi meliputi ukuran fasilitas transportasi (berapa banyak jalur atau berapa banyak kapasitas yang dimiliki oleh fasilitas), pemilihan material dan kepadatan bahan yang digunakan dalam pembayaran, desain perhitungan (kelurusan vertikal dan horisontal) dari jalan operasi dan pengelolaan melibatkan teknik transportasi, karena itu kendaraan bergerak secara perlahan di jalan atau jalur. Teknik lama meliputi rambu-rambu, isyarat, dan marka. Teknologi terbaru melibatkan sistem transportasi yang cerdas, meliputi kemajuan sistem informasi orang yang melakukan perjalanan, seperti faktor penanda pesan, kemajuan sistem lalu lintas, seperti pengukur lereng. Faktor manusia penting dalam teknik transportasi, khususnya mengenai alat penghubung sarana pengendara, alat penghubung pengguna rambu-rambu, isyarat, dan marka.


Teknik Lalu Lintas


Teknik lalu lintas adalah cabang dari teknik sipil yang menggunakan teknik untuk mencapai perjalanan manusia dan barang secara aman dan praktis. Ini berfokus pada penelitian dan konstruksi dari kebutuhan infrastuktur tidak bergerak dalam perjalanan, seperti jalan, rel kereta api, jembatan, rambu lalu lintas, lampu lalu lintas.


Bagaimanapun, sebagai pengganti dari bangunan infrastruktur tambahan, unsur-unsur dinamis juga diperkenalkan dalam manajemen lalu lintas (mereka telah digunakan dalam angkutan kereta api). Sensor Penggunaan ini dipakai untuk mengukur arus lalu lintas dan sistem pembimbing yang saling behubungan secara otomatis (sebagai contoh tanda lalu lintas yang membuka suatu jalan setapak dalam arah yang berbeda tergantung pada jam, pukul, keadaan terbaru) untuk mengatur lalu lintas yang khususnya pada puncak kesibukan.


Hubungan antara arus jalan setapak (Q) (sarana per jam) kecepatan maksimum (V) (kilometer per jam) dan kepadatan (K) (sarana per kilometer) Q = KV. Pengamatan pada fasilitas akses terbatas menyatakan bahwa lebih dari suatu arus maksimum, kecepatan tidak merosot ketika kepadatan meningkat, tetapi pada suatu keadaan, kepadatan dapat mengurangi kecepatan, dan di luar keadaan lebih lanjut, kepadatan yang ditingkatkan akan mengurangi arus.


Oleh karena itu, mengatur kepadatan lalu lintas dengan pembatasan tingkat sarana untuk masuk jalan raya selama puncak periode dapat mengatur kecepatan dan kepadatan jalan mengalir pada kemacetan yang tinggi. Pengukur Lereng, menunjukan pada lereng pintu masuk yang mengendalikan tingkat di mana fasilitas jalur utama diijinkan, penyediaan fungsi ini (pada biaya penundaan untuk yang penantian di lereng).


Transportasi lalu lintas berkaitan erat dengan disiplin ilmu yang lain :



  • Teknik transportasi

  • Kemacetan lalu lintas

  • Teknik jalan raya

  • Perencanaan transportasi

  • Perencanaan kota

  • Penempatan rute


Teknik Jalan Raya


Teknik Jalan raya adalah proses desain dan konstruksi  jalan raya dan jalan yang praktis dan aman. Ini dikenalkan pada abad 20 dan menjadi cabang dari teknik sipil. Standar teknik jalan raya ditingkatkan secara berkelanjutan. Konsep-konsep seperti, tekstur permukaan, tinjauan jarak dan radius tikungan horisontal dan kemiringan vertikal  berhubungan dalam mendesain kecepatan dan tambahan desain simpangan adalah unsur-unsur penting dari teknik jalan raya. Kebanyakan negara-negara maju mempunyai jaringan jalan raya yang luas.


Desain Standard Kebijakan yang digunakan Amerika Serikat secara khas didasarkan pada Asosiasi Jalan Raya Umum Amerika dan seorang Pejabat Transportasi seperti halnya riset yang diumumkan resmi oleh Dewan Riset Transportasi, Institut teknik Transportasi, pemerintah pusat Administrasi Jalan raya, dan Departemen Transportasi.


Teknik Bandara


Insinyur ini khusus menangani desain dan konstruksi bandara. Insinyur bandara harus memperhitungkan pengaruh khusus dan persyaratan pesawat terbang dalam perencanaan fasilitas bandara. Salah satu contoh adalah arah angin utama yang menentukan orientasi landasan pacu pesawat.


Teknik Jalan Kereta Api


Insinyur ini khusus menangani desain, konstruksi, dan operasi dari jalan kereta api dan sistem transportasi publik yang menggunakan pengarah jalan tetap (seperti jalan rel). Tugas mereka umumnya meliputi penentuan desain alinemen vertikal dan horisontal, desain dan penentuan posisi stasiun dan menghitung biaya konstruksinya. Insinyur Jalan Kereta Api juga dapat bergerak kedalam bagian khusus dari pemberangkatan kereta api yang khusus menangani pengaturan pergerakan Kereta Api.


Teknik Bandar dan Pelabuhan


Insinyur ini khusus menangani desain, konstruksi, dan operasi dari bandar, pelabuhan, kanal dan fasilitas kelautan lainnya. Insinyur pelabuhan tidak bisa disamakan dengan insinyur kelautan.


Post a Comment for "Cabang Teknik Sipil Yang Berhubungan Dengan Transportasi"