Desain Saluran Air Rumah Agar Saluran Pembuangan Air Lancar

Desain saluran air rumah sangat perlu diperhatikan. Tak lain agar sistem pembuangan air bisa berjalan dengan lancar, tidak mampet, dan juga tidak mudah bocor. Untuk itu, dibutuhkan sistem perpipaan yang bagus. 

Sebelum membangun sebuah rumah harus dipikirkan matang-matang desain saluran airnya. Jangan sampai rumah sudah jadi tapi sistem pembuangan kurang bagus yang bisa menyebabkan pipa mengalami kebocoran. Atau hal buruk lainnya adalah Anda harus membongkar lantai karena sistem perpipaan berada berada di bawah lantai rumah.

drainase yang benar.

Jika Anda sedang merencanakan pembuatan desain rumah, coba untuk perhatikan desain saluran airnya juga agar Anda tidak kecewa nantinya. Jangan sampai Anda direpotkan lantaran air yang tidak lancar keluarnya atau terjadi macet.

Seperti halnya sistem instalasi listrik, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan profesional untuk pemasangan saluran pipa air. Namun sebagai gambaran umum, berikut adalah perencanaan desain saluran air rumah yang dapat Anda jadikan referensi awal.


1. Perhatikan Posisi Lantai

Salah satu area yang penting untuk diperhatikan dalam desain saluran air rumah adalah lantai kamar mandi. Karena di tempat inilah jumlah penggunaan air yang paling banyak seperti untuk mandi dan buang air kecil atau pun buang air besar.

Agar air bisa terbuang dengan sempurna maka pada bagian lubang pembuangannya harus dibuat dengan kemiriangan yang landai. Pastikan lantai harus sedikit landai agar air mengalir pada sisi lantai yang lebih rendah dengan aliran yang cepat, tanpa adanya genangan.


2. Gunakan Floor Drain yang Tepat

Konstruksi Menara Tandon 


Solusi lain untuk desain saluran air rumah agar lancar adalah dengan menggunakan tandon air. Selain untuk menghemat penggunaan listrik, penghuni rumah juga tidak perlu was-was kehabisan air ketika listrik padam. Menara tandon air akan tetap mengalirkan airnya tanpa harus menyalakan listrik, dengan syarat ketinggian dan jumlah volume air dalam tandon masih memadai.


Memilih Jenis Sambungan Pipa untuk Saluran Air Rumah yang Bagus

Jenis sambungan pipa sangatlah beragam. Oleh karenanya, untuk menciptakan desain saluran air rumah yang bagus maka perlu untuk memilih jenis sambungan pipa yang tepat agar saluran pembuangan air tidak mudah macet.


1. Socket Pipa PVC

Elbow ini memiliki bagian ulir yang biasanya terdapat di sisi dalam, meskipun ada pula beberapa yang menawarkan ulir pada sisi luarnya. 

Terdapat dua jenis pipa elbow yang tersedia berdasarkan tingkat derajat belokannya, yaitu sambungan pipa elbow 45 dan 90 derajat.


3. Tee Stuck

Post a Comment for "Desain Saluran Air Rumah Agar Saluran Pembuangan Air Lancar"