Mengenal Bar Cutter dan Bar Bender Berikut Cara Penggunaannya

Pembesian atau pekerjaan tulangan pada proyek konstruksi berfungsi untuk memperkuat struktur bangunan. Untuk itu, besi beton tersebut harus dipotong dan dibengkokan sesuai perencanaan dengan menggunakan alat/mesin yang memadai. Apalagi ukuran diameter dari besi tulangan tersebut sangatlah beragam sehingga dibutuhkan alat yang mampu mempermudah proses pemotongan dan pembengkokannya. Mesin tersebut adalah bar cutter (pemotong besi tulangan) dan bar bender (pembengkok besi tulangan).

Sebelum dilakukan pemotongan dan pembengkokan, simpanlah besi konstruksi tersebut dengan tidak bersentuhan langsung dengan tanah untuk menghindari besi mengalami karat karena adanya proses oksidasi. Letakkan kayu untuk menempatkan besi dengan ketinggian minimal 30 cm dari tanah.

Penggunaan bar cutter dan bar bender dapat memudahkan pekerjaan dengan hasil pemotongan dan pembengkokan yang akurat sesuai perencanaan. Kedua alat tersebut masing-masing memiliki jenis produk yang bermacam-macam seperti pada penjelasan di bawah ini.


A. Bar Cutter


quality control proyek.
  • Hindari untuk mendinginkan besi tulangan dengan melakukan penyiraman menggunakan air.

  • Setelah besi tulangan dipotong atau dibengkokan, periksa ulang untuk memastikan hasilnya sesuai dengan rangka atau gambar acuan.

    Bar cutter dan bar bender merupakan dua alat yang saling melengkapi dalam pekerjaan konstruksi. Keduanya digunakan dalam proses pembuatan struktur rangka beton dengan mengikuti pola yang sudah ditentukan pada gambar rancangan struktur beton.

    Post a Comment for "Mengenal Bar Cutter dan Bar Bender Berikut Cara Penggunaannya"