Mengenal Beton Tetrapod, Fungsi, Keunggulan, Proses Pembuatan dan Pemasangannya

Gelombang lautan yang menghantam pesisir pantai yang secara terus menerus dapat mengakibatkan abrasi. Nah untuk mengatasi permasalahan tersebut dipasanglah beton tetrapod sebagai konstruksi pemecah ombak.⁣

Sesuai dengan namanya, tertrapod merupakan beton berkaki empat yang tidak mudah larut dalam air. Dengan keempat sisinya yang berbentuk silinder atau kerucut terpancung, tetrapod bisa saling mengunci sehingga memiliki kekuatan yang lebih besar dan stabilitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan batu pecah alam.


alat vibrator beton yang berungsi untut menggetarkan material beton dalam cetakan sehingga udara yang terjebak di dalam bisa keluar.



Cara Pemasangan Tetrapod Pemecah Gelombang




Proses pemasangan breakwater beton tetrapod diawali dengan peninjauan lokasi. Survey lokasi ini penting dilakukan untuk menilai karakteristik gelombang. Misalya, seberapa tinggi dan kencang terpaan gelombang laut yang datang dan juga banyaknya aktivitas ekonomi ataupun pariwisata di sekitar lokasi pantai.


Adapun pembangunan breakwater beton tetrapod ini memerlukan beberapa tahapan, yaitu:

1. Pembersihan area yang akan dipasangi beton tetrapod

Dalam proses pemasangan beton tetrapod, maka lokasi harus benar-benar bersih. Jika diperlukan, akan dilakukan peledakan untuk mensterilkan lokasi.

2. Pengangkutan tetrapod ke lokasi proyek


Cara mengangkut beton ini adalah dengan menggunakan teknik pengangkatan mobil crane dengan truk trailer.


3. Pemasangan matras geotextile


Pemasangan matras geotextile pada bagian dasar breakwater ini berfungsi sebagai landasan pondasi beton tetrapod.  Proses pemasangannya diletakkan dengan menghadap arah laut. 


4. Peletakan lapisan batu pengisi atau inticore

Berikutnya adalah meletakkan lapisan batu pengisi atau inticore yang menjadi pemberat matras geotextile. 
 

5. Peletakan lapisan filter geotextile

Penempatan filter atau saringan geotextile di antara batu pengisi ini berfungsi untuk mencegah pasir keluar dari sela-sela batu. Proses peletakkannya membutuhkan escavator agar permukaan dapat merata.


6. Pemasangan tetrapod

Tahapan terakhir adalah pemasangan tetrapord. Beton ini diletakkan pada posisi yang teratas karena berfungsi sebagai pemecah gelombang. Karena itu, harus di letakkan pada bagian paling luar.


Itulah ulasan mengenai apa itu beton tetrapod, sejarah, fungsi, keunggulan, proses pembuatan dan juga pemasangannya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mengenal Beton Tetrapod, Fungsi, Keunggulan, Proses Pembuatan dan Pemasangannya"