√ 11 Ide Desain Foyer Rumah dan Cara Mengatur Dekorasinya

Di Indonesia memang cukup asing dengan istilah 'foyer' dalam sebuah interior rumah. Karakter dan budayanya embuat foyer jarang digunakan di Indonesia. Namun tetap ada, khususnya rumah-rumah elit di Indonesia, yang mengaplikasian foyer karena fungsinya yang cukup bermanfaat.

Foyer sendiri adalah lobi yang berfungsi ssebagai ruang peralihan antara teras dan ruang tamu atau teras dengan ruang keluarga. Sebagai ruang penerima sementara, foyer tidak dilengkapi dengan furniture meja dan kursi yang besar untuk menerima tamu. Melainkan, hanya ada beberapa aksesoris seperti cermin, hanger, tempat untuk meletakkan payung, dan kursi minimalis yang ditempatkan di pojok atau dekat dinding.

Karena fungsinya tersebut, foyer ini banyak ditemukan untuk rumah-rumah yang memiliki ukuran luas. Nah, selengkapnya mengenai ide desain dan cara mengatur foyer, ada pada penjelasan di bawah ini ya.

lubang angin pada bagian atas pintu. Lubang angin ini berukuran cukup besar yang berfungsi sebagai penerangan alami untuk ruang foyer. 

Luas ruang foyer ini juga tidak terlampau besar. Pada bagian sampingnya langsung bisa ditemukan keberadaan tangga untuk masuk ke ruang keluarga.

wainscoting

Karena ukurannya tidak seperti pada ruang tamu atau ruang keluarga, gunakan kursi yang tidak terlalu besar untuk mempercantik desain foyer kontemporer ini. Kursi yang digunakan bisa terbuat dari bahan kayu dengan ukiran-ukiran dan lekukannya yang khas.

Senada dengan hal itu, pintunya yang sangat lebar yang terbuat dari kaca frosted dan juga logam mampu memberikan kesan-kesan kontemporer yang mengagungkan. 




10. Foyer Monokrom


Memadukan warna hitam dan putih sebagai warna dominan pada ruang foyer merupakan pilihan yang bisa memukau para tamu yang datang. Tampilan monokrom pada foyer ini memberikan kesan yang simpel dan modern.

Gunakan karpet dengan motif hitam putih atau juga meemilih desain tangga dengan warna monokorm. Sementara itu, pada bagian pintu, Anda dapat mengecatnya dengan warna hitam sedangkan dindignya berwarna putih.

Tempatkan hanger dan juga hiasan dinding sehingga akan mampu memberikan kesan yang tidak monoton.




11. Foyer Lantai Vinyl


Lantai vinyl memiliki kelenturan yang sangat baik sehingga begitu Anda menginjakkan kaki di atasnya, bisa merasakan kenyamanan yang tidak didapat pada jenis lantai lainnya. Foyer ini dilengkapi dengan lantai vinyl dan juga sofa berwarna biru yang bisa digunakan tamu ketika menunggu si pemilik rumah datang menemuinya.

Tak lupa, pada bagian sudut ruang foyer ini dihiasi guci yang berwarna senada dengan warna sofa.




Cara Mengatur Foyer Rumah Agar Menarik


Karena berada di bagian terdepan dari interior rumah, ruang foyer perlu diperhatikan agar tampil menarik. Tamu yang datang tentu akan memperhatikan detail ruangan yang kecil ini. Apalagi, ruangan ini kadang menjadi "ruang tunggu" bagi tamu yang sudah barang tentu tamu akan memperhatikan detail yang ada di dalamnya.

Nah, berikut ini adalah cara mengatur foyer rumah yang nantinya bisa menjadi 'serambi' untuk menyambut para tamu dengan hangat.




1. Pilih lokasi ruang foyer yang tepat

Biasanya foyer terletak setelah pintu utama ketika tamu datang. Untuk bisa berfungsi maksimal, area ini bisa diletakkan di dekat tangga menuju lantai dua, atau dekat dengan kamar tidur untuk tamu, ataupun kamar tidur untuk anak-anak.


Namun, itu semua tergantung dengan fungsi foyer yang hendak dibuat. Jika foyer akan difungsikan sebagai ruang tamu karena terbatasnya lahan bangunan, maka sebaiknya jangan didekatkan posisinya dengan kamar tidur anggota keluarga.


2. Pilih tema desain foyer dengan menyesuikannya dengan gaya rumah


Agar terihat harmonis dengan ruangan atau elemen lainnya, sebaiknya desain ruang foyer harus sesuai dengan konsep gaya rumah yang diusung. 

Misalnya, jika sebagian besar interior rumah tersebut dirancang bergaya modern minimalis, maka penataan foyer pun dibuat minimalis. Pilihlah furniture dengan desain clean dan simple. Anda dapat memilih warna earthtone seperti cokelat, hitam, dan krem auntuk menciptakan suasana hangat (welcoming) sekaligus modern.


3. Hadirkan partisi untuk membatasi foyer dengan ruang privat

Kehadiran partisi ini berfungsi untuk memisahkan area publik dan privat. Partisi yang digunakan bisa bermacam-macam. Sebagai contohnya, rak pajangan, kaca, tangga, atau lainnya. 


Itulah ulasan mengenai foyer rumah, fungsi, dan ide mendesain ruang foyer yang menarik dan nyaman. Jika melihat korelasinya dengan kondisi dan budaya masyarakat Indonesia, foyer tidak mudah diaplikasikan. Namun, jika Anda berencana untuk membuat foyer maka sebaiknya memiliki sisa lahan yang memadai agar bagian dari ruangan rumah lainnya dapat dibuat sebagaimana mestinya. Jangan sampai mengorbankan ruang kamar tidur, misalnya, hanya untuk membuat foyer.

Post a Comment for "√ 11 Ide Desain Foyer Rumah dan Cara Mengatur Dekorasinya"