8 Model Pot dari Pipa PVC dan Cara Membuatnya

Pipa PVC diproduksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan saluran air atau saluran limbah. Namun, karena kreativitas manuasia pipa PVC ini bisa juga dikreasikan menjadi pot tanaman/tumbuhan. Pot dari pipa PVC ini umumnya digunakan untuk tanaman hidroponik, namun seiring perkembangannya, masyarakat juga mengkreasikannya untuk tanaman hias, atau bahkan tanaman artificial.

Banyak sekali model pot dari pipa PVC yang bisa Anda jadikan inspirasi, untuk menghiasi interiuor rumah atau halaman bagian depan. Ukuran pot pipa PVC pun bisa disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan. Selengkapnya, bisa dibaca di bawah ini, ya.


rak bunga dari kayu/besi.

Pot bunga ini juga cocok diletakkan pada pojok atau sudut ruangan.


6 Warna Pilihan untuk Keramik Teras Depan dan Merek Terbaiknya




7. Pot Pipa PVC Dihasi dengan Cat Lukis

Desain dan konsep pada pot berbahan pipa PVC ini sangat unik dan menarik, yaitu dengan memanfaatkan sambungan pipa Y branch. 

Karena bentuknya yang unik, maka Anda bisa menambahkan cat lukis dengan gambar-gambar yang unik pula. Sedangkan untuk dudukannya, bisa menggunakan papan kayu yang dicat dengan warna senada.





8. Pot Pipa PVC Vertical Planting

Rumah atau bangunan yang berdiri di lahan yang sempit pada umumnya jarang dihiasi sesuatu. Keterbatasan lahan tersebut membuat masyarakat urban malas untuk menanam tanaman di rumahnya. Nah, dengan konsep vertical planting yang memanfaatkan pot pipa PVC seperti ini bisa menjadi solusi, lho.



Cara Membuat Pot dari Pipa PVC


Jenis pot pipa PVC banyak digunakan sebagai sistem pertanian hidroponik. Meskipun saat ini banyak toko yang menjual pot pipa hidroponik tersebut, tetapi Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah sebagai berikut:




  • Pipa PVC 6 inch atau 3 inch, sebanyak 3 buah
  • Fitting PVC elbow 90 derajat berukuran 6 inch atau 3 inch, sebanyak 2 buah
  • Media tanam dan bibit/biji tanaman
  • Pot atau gelas plastik bekas
  • Gergaji
  • Bor


Langkah-Langkah:


  1. Gunakan bor atau alat lain untuk melubangi Pipa PVC seukuran gelas plastik. Dan berikan jarak anta lubang sekira 20 cm agar tanaman hidroponik yang tumbuh tidak saling berhimpitan.
  2. Pasang elbow 90 derajat pada ujung pipa PVC yang telah di lubangi. Untuk penyambungannya tidak perlu menggunakan lem agar nantinya mudah dilakukan pencopotan ataupun pemasangan kembali.
  3. Pasang 2 Pipa PVC terakhir pada ujung elbow 90 derajat yang telah dipasang, 2 pipa ini akan menjadi kaki pot.
  4. Untuk bisa diletakkan secara berdiri tegak, tanamlah kaki pot ke dalam tanah. 
  5. Masukan media tanam ke dalam pot kecil atau gelas plastik yang telah teredia. Langkah berikutnya, masukan bibit atau biji tanaman ke dalam media tanam tersebut, dan selanjutnya masukan gelas plastik yang sudah diisi media tanam dan bibit tersebut  ke dalam lubang lubang pipa.
  6. Siram dan berikan cairan nutrisi dan pupuk secara rutin.


Itulah model pot pipa PVC dan juga langkah-langkah pipa PVC untuk sistem berocok tanaman secara hidroponik. Bagaimana, unik, kan?

Post a Comment for "8 Model Pot dari Pipa PVC dan Cara Membuatnya"